Pameran Matja: Mengubah Abstrak Menjadi Konkret

Jogja, (sorotjogja.com) – Dalam rangka menyambut Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 yang akan diselenggarakan di Jombang, Jawa Timur tanggal 1 hingga 5 Agustus 2015, beberapa seniman ternama di Indonesia akan menyelenggarakan Pameran Seni PraMuktamar NU ke-33 dengan tema 'Matja: Seni Wali Nusantara' yang akan diselenggarakan di Jogja Nasional Museum (JNM) Senin (27/7/2015) hingga Kamis (30/7/2015).

Peneliti dari Aburrachman Wahid Centre for Interfaith Dialogue and Peace, Universitas Indonesia, Faisal Kamandobat mengatakan bahwa arti Matja merupakan turunan dari surat pertama dalam Al-Qur'an yakni Iqra' yang berarti Bacalah!. "Membaca, dalam konteks ini bukan aktivitas kognitif-intelektual semata, melainkan juga aktivitas eksperensial dan pengkhayatan," ujar Faisal.

Dalam rilisnya Faisal juga mengatakan bahwa ketika kata 'Matja' tersebut ditempatkan dalam konteks seni rupa, makna membaca bukan hanya semata-mata dipahami dengan menyerap fenomena dari luar ke dalam kesadaran, melainkan juga memproduksi fenomena terebut melalui kerja kreatif dan bersifat praktikal-eksperensial dan memancarkannya ke luar dalam wujud rupa yang material.

"Sesuai dengan bentuk materialnya, membaca dalam seni rupa juga sekaligus mengembangkan sesuatu yang abstrak yang berupa ide atau konsep menjadi sebuah konkret yang sudah menjadi karya seni yang memiliki suatu bobot. Membaca karya seni juga dapat mendistorsi substansi dari seni rupa sebagai salah satu jalan yang mampu mentransformasi kemanusiaan khususnya bagi pribadi-pribadi yang dikaruniai bakat khusus dalam bidang ini," lanjut Faisal.

Pameran ini nantinya akan dibuka oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, H Marwan Ja'far. SE., SH., MM., Msi. Pada pembukaan pameran ini nantinya para pengunjung akan dimanjakan dengan penampilan art performance dari Heri Dono featuring Wiwiek Pongki.

Sumber: http://sorotjogja.com/mengubah-menjadi-konkret/

 
Back to top ↑
[2,114,088 bytes / 2.02 MB] [2,157,208 bytes / 2.06 MB (peak)]