NU Selenggarakan Pameran Seni Rupa Pra Mukhtamar ke-33

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Salah satu organisasi Islam di Indonesia, Nahdlatul Ulama akan menyelenggarakan pameran seni rupa, yang bertajuk “Matja”, pada 27 hingga 30 Jul 2015 nanti.

Pameran seni rupa tersebut akan dibuka pada 27 Juli 2015 nanti, pukul 19.00 WIB, di Jogja National Museum, Jalan Prof Ki Amri Yahya nomor 1, Gampingan, Yogyakarta.

Pembukaan pameran seni rupa tersebut akan dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, H Marwan Ja’far SE SH MM.

Anzieb, salah satu kurator dalam pameran tersebut mengatakan, pameran “Matja” adalah sebuah upaya kecil untuk menghadirkan kehangatan hubungan antara Islam dan seni.

Menurutnya, pameran ini dihadirkan sebagai ekspresi sekaligus impresi berkesenian, yang berkaitan dengan tradisi berkesenian Islam di Nusantara, yang menempatkan kesenian sebagai asas kemasyarakatan, yang mana menurutnya seni itu menyatu dalam ritme hidup keseharian masyarakat Indonesia.

"Pameran seni rupa ini merupakan acara pra Mukhtamar Nahdatul Ulama yang ke 33 yang mengambil tema besar Islam Nusantara, yang nantinya akan diselenggarakan di Jombang pada 1 hingga 5 Agustus 2015. Dalam pameran ini, selain menghadirkan hubungan hangat antara Islam dan Seni, juga merupakan sebuah refleksi kedewasaan masyarakat Islam Nusantara, mengaktualisasi diri melalui seni dan budaya, yang diilhami dari gerakan asimilasi warisan Wali Songo,” ungkap Anzieb pada wartawan.

Ia melanjutkan, karya-karya yang akan ditampilkan dalam pameran tersebut tidak terbatas pada lukisan jenis kaligrafi, lukisan dekoratif dengan ragam hias Arabesque, lukisan geometrik dan lukisan abstrak, namun lebih beragam lagi secara material maupun konsep, kritis, satir, namun menurutnya karya-karya yang akan tersaji nanti akan membawa pesan yang kuat.

"Ada sebanyak 50 seniman yang ikut berpartisipasi dalam pameran seni rupa ini, diantaranya ada Agus Sunyoto, Ali Umar, Bob Yudhita Agung, Dedi Sufriady, Endang Lestari, I Gusti Nengah Nurata, Jeihan Sukmantoro, Lucia Hartini, Najib Amrulloh, Nasirun dan masih banyak lagi.

Anzieb menuturkan, pada malam pembukaan nanti, akan digelar pula performance art yang akan dibawakan oleh Heri Dono feat Wiwiek Poengki Art Fashion, yang menurutnya performance art tersebut merupakan sebuah fashion show yang menampilkan busana "haute counture", yang dibuat khusus untuk merespon gaya hidup haute counture yang sebenarnya.

"Pameran seni rupa nanti akan memperlihatkan sebanyak 70 hingga 90 karya seni rupa yang akan diperlihatkan kepada masyarakat luas. Kami berharap, semoga hal ini merapakan program reguler yang akan terus diselenggarakan oleh Nahdatul Ulama," tutup Anzieb. (tribunjogja.com)

Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2015/07/26/nu-selenggarakan-pameran-seni-rupa-pra-mukhtamar-ke-33

 
Back to top ↑
[2,114,256 bytes / 2.02 MB] [2,156,720 bytes / 2.06 MB (peak)]